Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional
Ikatan Akuntan Indonesia


Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional yang selanjutnya disebut DSAP merupakan dewan yang mengusulkan kebijakan, standar kompetensi dan menjamin kualifikasi profesi Anggota Utama melalui aktivitas pendidikan profesi akuntansi atau ujian sertifikasi akuntan profesional serta penilaian pengalaman praktik keprofesian akuntansi calon Anggota Utama.

DSAP IAI wajib berkoordinasi dan menerima arahan dari DPN IAI bidang Penataan Profesionalisme Akuntan.

DSAP IAI memiliki kewenangan sebagai berikut: Mengusulkan standar kompetensi serta kualifikasi profesi Anggota Utama IAI pemegang Chartered Accountant Indonesia untuk ditetapkan oleh DPN IAI;

  1. Merumuskan dan mengembangkan standar pengendalian mutu pelaksanaan ujian sertifikasi akuntan profesional untuk ditetapkan oleh DPN IAI;
  2. Menetapkan kebijakan pelaksanaan ujian sertifikasi akuntan profesional;
  3. Mengusulkan mata ujian dan silabus sertifikasi akuntan profesional untuk ditetapkan oleh DPN IAI;
  4. Menetapkan  materi ujian dan standar kelulusan ujian sertifikasi akuntan profesional;
  5. Memberikan pengarahan kepada pelaksana ujan sertifikasi akuntan profesional;
  6. Hal-hal lain yang berhubungan dengan azas terjaganya mutu, kehati-hatian dan pengamanan ujian sertifikasi akuntan profesional;
  7. Menyusun standar penilaian pengalaman praktik keprofesian di bidang akuntansi calon Anggota Utama untuk ditetapkan oleh DPN IAI;
  8. Menilai pengalaman praktik keprofesian akuntansi calon Anggota Utama;
  9. Memberikan rekomendasi kepada DPN untuk menerima/menolak permohonan menjadi Anggota Utama; 
  10. Memperluas kerjasama dengan pihak terkait untuk pengembangan ujian sertifikasi akuntan profesional yang diselenggarakan oleh IAI;
  11. Menetapkan persyaratan, tata cara dan kurikulum penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan;
  12. Melaksanakan evaluasi dan memberikan rekomendasi ijin penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan; dan
  13. Menyampaikan evaluasi dan rekomendasi ijin penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan kepada Panitia Ahli Pertimbangan Persamaan Ijazah Akuntan.


Susunan Pengurus:


Prof. Indra Wijaya Kusuma
Ketua
Profil:

Prof. Indra Wijaya Kusuma saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada.

Sebelum menjadi Ketua Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional IAI, beliau merupakan Ketua Komite Evaluasi dan Rekomendasi PPA (KERPPA) IAI periode 2004-2014, serta ketua IAI Wilayah Yogyakarta.

Lahir di Jakarta pada tanggal 20 November 1963. Beliau memperoleh gelar S1 (sarjana) dari Universitas Gadjah mada pada tahun 1987, gelar S2 (Master) dan gelar S3 (Doctor) dari Kent Master University pada tahun 1994 dan 1998. Beliau juga merupakan Guru Besar di Universitas Gadjah Mada.

Setio Anggoro Dewo
Wakil Ketua
Profil:

Beliau adalah Direktur dan Chief Financial Officer PT Trakindo Utama sejak 2015 hingga saat ini. Selain itu, beliau juga mengajar pada fakultas ekonomi di Univeristas Indonesia sejak tahun 1990-sekarang. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT PLN (Persero) sejak Maret 2008-2014, Komisaris Independen PT Bakrie & Brothers pada tahun 2005-2008 dan Komisaris Independen PT Indonesia Power dan PT Indosat Tbk  pada tahun 2007-2008.

Lahir di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1961. Beliau memperoleh gelar S1 (Sarjana) dari Universitas Indonesia pada tahun 1986, gelar S2 (MBA) jurusan Bisnis Keuangan dan Ekonomi Bisnis dari Catholic university of Leuven pada tahun 1990, gelar S3 (PhD) di bidang Ekonomi Industri dari University of Melbourne pada tahun 2003.

Christine Tjen
Anggota
Profil:

Beliau adalah dosen di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Sejak tanggal 5 Januari 2015, beliau ditunjuk sebagai Wakil Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan LPEM FEBUI. Selain itu, beliau juga aktif di IAI Kompartemen Pajak sebagai Tim Ahli Bidang Kerjasaman dan Kemitraan.

Lahir pada tanggal 3 Agustus 1978. Beliau memperoleh gelar S1 (Sarjana) dari Universitas Indonesia tahun 2000, gelar S2 (Master of International Taxation) dari University of Sydney pada tahun 2006.

Erna Herawati
Anggota
Profil:

Beliau adalah Rektor UPN Veteran Jakarta sejak tahun 2018, selain itu beliau juga merupakan anggota Komite Audit Pertamina sejak tahun 2011. 

Lahir di bandung, 14 November 1961. Beliau memperoleh gelar sarjana pada tahun 1985 dari Universitas Padjadjaran, gelar S2 (Magister Manajemen) dari IPWI pada tahun 1995, dan gelar S3 Ilmu Akuntansi dari Universitas Airlangga pada tahun 2007.




Ertambang Nahartyo
Anggota
Profil:

Beliau adalah Kepala Kantor Audit Internal UGM. Selain itu beliau juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. 

Beliau memperoleh gelar sarjana pada tahun 1991 dari Universitas Gadjah Mada, gelar S2 (Master of Science) pada tahun 1994, dan gelar S3 (PhD) pada tahun 2003.

Agus Suparto
Anggota
Profil:

Beliau adalah anggota DSAP ex-officio PPPK (Pusat Pembinaan Profesi keuangan). Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Profesi Akuntansi di Pusat Pembinaan Profesi Keuangan, Kementerian Keuangan. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Asuransi Eka Lloyd Jaya sejak tahun 2015-sekarang.

Lahir di Yogyakarta pada tanggal 31 Agustus 1967. Beliau memperoleh gelar S1 (Sarjana) dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1993, gelar S2 (MBA) dari International University of Japan (IUJ) pada tahun 1999.

Agung Nugroho Soedibyo
Anggota
Profil:

Beliau adalah  Senior Partner di KAP RSM Indonesia. Beliau juga mengajar pada Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. 

Sebelum menjadi anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional IAI, beliau merupakan Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 1998-2006. Selain itu, beliau juga aktif mengembangkan profesi akuntan Indonesia dan terlibat dalam proses Mutual Recognition Agreement (MRA)  ASEAN hingga menjadi anggota AMCI (Accountancy Monitoring Committe Indonesia). 

Beliau memperoleh gelar sarjana dan gelar Master dari Universitas Indonesia.

Thomas H. Secokusumo
Anggota
Profil:

Beliau adalah Dosen di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Beliau juga merupakan Komite Audit PT Surya Artha Nusantara Finance sejak Juni 2011, Komite Audit PT Astra Autoparts TBk sejak Juni 2011, dan Komisaris Independen PT Adi Sarana Semesta Tbk sejak September 2012.

Sebelum menjadi anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesioan IAI, beliau menjabat sebagai Dewan Pengawas Ujian Sertifikasi Akuntan Publik IAI.

Lahir di Pontianak pada tanggal 14 Mei 1964. Beliau memperoleh gelar Sarjana pada tahun 1987 dari Universitas Indonesia, gelar Master of Business Administration in Finance dan Master of Science in Marketing pada tahun 1990 dari University of Wisconsin.

Supriyadi
Anggota
Profil:

Beliau adalah Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi. Selain itu beliau juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Sebelum menjadi anggota DSAP IAI, beliau menjabat sebagai ketua IAI Wilayah Yogyakarta.

Supriyadi adalah anggota DSAP. Belaiu memperoleh gelar Sarjana pada tahun 1988 dari Universitas Gadjah Mada, gelar Master of Science in Accounting dari University of California, serta gelar S3 dari University of Kentucky.

Vita Silvira
Anggota
Profil:

Beliau adalah Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi. Beliau juga mengajar pada Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Beliau merupakan Komisaris Independen Daya Dimensi Indonesia sejak tahun 2007, dan Komite Audit Bank Agro sejak tahun 2010.

Sebelum menjadi anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional IAI, beliau menjabat sebagai anggota Komite Evaluasi dan Rekomendasi PPA (KERPPA) IAI.

Lahir pada tanggal 24 Juli 1963, 55 tahun. Beliau memperoleh gelar Sarjana pada tahun 1987 dari Universitas Indonesia, dan gelar Master pada tahun 1993 dari Drexel University Philadelphia, USA.

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019