Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan
Ikatan Akuntan Indonesia

Dewan Konsultatif Standar yang selanjutnya disebut DKSAK merupakan badan yang menjadi bagian organisasi IAI, untuk memberikan pandangan mengenai arah dan skala prioritas kepada DSAK.

DKSAK dibentuk dan bertanggung jawab kepada DPN.

DKSAK berwenang memberikan pandangan-pandangan mengenai arah dan skala prioritas pilihan standar dan intepretasi yang akan diberlakukan dalam profesi akuntansi di Indonesia.

DKSAK IAI dapat memberi pendapat dan pertimbangan dampak penerapan standar akuntansi keuangan yang akan diberlakukan.

DKSAK IAI dapat memberi pertimbangan mengenai pengangkatan dan pemberhentian anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI.

DKSAK IAI melakukan penggalangan dana dalam rangka penyusunan standar akuntansi keuangan. 


Susunan Pengurus:

Binsar H. Simanjuntak
Ketua
Profil:

Binsar H. Simanjuntak saat ini menjabat sebagai Ketua DKSAK IAI periode 2019-2023. Di IAI Beliau juga pernah menjabat sebagai Dewan Konsultatif Kompartemen Akuntan Sektor Publik (KASP) IAI.

Merupakan lulusan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Case Western Reserve University dan Cleveland State University.

Pensiun dari BPKP pada Agustus 2017 dengan jabatan terakhir sebagai Deputi PIP Bidang Polhukam dan PMK. Pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PTKS 2017-2018 dan Ketua Komite Kerja Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) tahun 2004-2017.

Saat ini aktif sebagai Executive Director Ernst and Young, Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Anggota Komite Audit Kementerian Keuangan dan Internal Auditor di Komite Olimpiade Indonesia.

Aloysius Kiik Ro
Anggota
Profil:

Aloysius Kiik Ro merupakan Anggota DKSAK IAI ex officio Kementerian BUMN periode 2019-2023. Saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha, Kementerain BUMN sejak Juli 2015. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Antam pada Maret-Juli 2015 dan Direktur Eksekutif PT Danareksa pada Juli 2005 hingga saat ini.

Lulus Master of Business Administration in Finance dari University of Illinois Urbana-Champaign pada tahun 1994 dan meraih Ph.D in Finance di University of Kentucky Lexington pada tahun 1998.

Cris Kuntadi
Anggota
Profil:

Cris merupakan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan.

Kelahiran Banyumas, 24 Juni 1969 ini merupakan lulusan STAN pada tahun 1991. Gelar sarjana dan akuntan diperolehnya dari fakultas Ekonomi Universitas Indonesi pada  tahun 1996. Pada 1998 Cris kemudian melanjutkan pendidikan formalnya hingga memperoleh Magister Manajemen dari Universitas Gadjah Mada dan Erasmus Universiteit Rotterdam, Nederland. Ia meraih gelar Doktor ilmu Administrasi dari Universitas Brawijaya Malang tahun 2009

Sebelumnya ia menjabat sebagai Inspektur Jenderal Keenterian Perhubungan RI (2015), Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) wilayah Provinsi Jawa Tengah sejak pertengahan 2014, dan sebagai Kepala Pusdiklat BPK (2010-2014)

Selain itu Cris juga seseorang pendidik di berbagai perguruan tertinggi, dan penulis buku Sikencur (Sistem Kendali Kecurangan) Menata Birokrasi Bebas Korupsi dan Excellent Leadership (XL)

Cris merupakan anggota DPN IAI periode 2010-2014, yang dipercaya pula menjadi Ketua Komite Etika (2012-2016) dan Anggota Dewan  Sertifikasi Akuntan Profesional periode 2013-2016

Pada periode 2014-2018 Cris menjadi Anggota DPN IAI yang mengetahui bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi IAI.

Ferdinan D. Poerba
Anggota
Profil:

Saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif klaim dan Resolusi Bank Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sejak 2015. Sebelumnya merupakan Director Bank Liqidation Group LPS (2013-2015), Direktur Accounting & Budget LPS (2005-2012) dan dari 2000-2006 ia menjabat sebagai Kepala sub Direktorat Pengawasan  Akuntan Publik Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai Kementrian Keuangan. Ia juga pernah menjadi auditor BPKP pada periode 1987-2000 dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Seksi.

Ferdinan adalah anggota DPN IAI periode 2014-2018 yang menjadi anggota DPN IAI periode 2014- 2018 yang menjadi anggota bidang penguatan dan penataan organ-organ kelembagaan IAI. Sebelumnya, ia menjabat sebagai anggota DSAK IAI Tahun 2009-2013

Lahir di Pematang Siantar, 25 Desember 1964, ia merupakan lulusan D III dan D IV STAN, lalu S-2 diperoleh dari IPMI International Business school. Ia juga pernah mengikuti beberpa Executive Education yaitu Public Financial Management di Harvard Kennedy School, Mergers & Acquisitions Program di Wharton School, University of Pensylvania, dan Leading Change in Complex Organizations di MIT Sloan School of Management.

Hoesen
Anggota
Profil:

Menyandang gelar Master Manajemen Keuangan, Universitas Pelita Harapan, pria kelahiran Jakarta, 21 Februari 1966 ini pernah memimpin PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia selama tiga tahun sebagai direktur utama sebelum ditunjuk sebagai Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Jakarta hingga 2015.

Semasa kariernya, Sarjana Pertanian Universitas Padjajaran 1990 ini pernah menuju Washington D.C., Amerika Serikat untuk acara The Development and Regulation of Securities Markets International Institute pada 2007 dan mampir ke Jepang untuk mengikuti Clearing and Settlement, Ministry of Finance Republik Indonesia, JICA Tokyo Stock Exchange pada 1997.

Tak hanya itu, Hoesen juga terlibat dalam Global Custody and Portofolio Administration, State Street KDEI pada 1996, Managing Change di PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia pada 2005 dan turut serta dalam gelaran bertema Permasalahan Saham Transaksi Saham di Pasar Modal “Gadai Saham-saham Transaksi Repo Pinjam Meminjam Saham”, Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia pada 2007.

Sebelum menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK, Hoesen memimpin PT Danareksa sebagai direktur selama dua tahun terakhir.

Istini T. Siddharta
Anggota
Profil:

Istini T. Siddharta memulai karirnya sebagai akuntan publik, dan kemudian membuat Partner di Siddharta, Siddharta & Harsono di Indonesia, sebuah perusahaan anggota dari Coopers & Lybrand (sampai 1998), yang kemudian menjadi anggota firma KPMG. Istini T. Siddharta bergabung dengan PT. Austindo Nusantara Jaya sebagai Direktur Keuangan Grup pada tahun 2001. Istini berhasil memegang gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia dan gelar MBA dari John Anderson School di University of California, Los Angeles. Saat ini ia dipercaya sebagai Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan IAI Periode 2019-2023 dan sebelumnya juga menjabat pada posisi yang sama periode 2014-2018, jabatan lain dari Istini T. Siddharta sebagai Presiden Direktur PT. Austindo Nusantara Jaya.

Johnny Darmawan D.
Anggota
Profil:

Saat ini dia dipercaya sebagai Anggota Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan IAI Periode 2019-2023, dimana sebelumnya juga menjabat sebagai Anggota DKSAK IAI periode 2014-2018. Saat ini, Ia tercatat sebagai anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional, Wakil Ketua KADIN Bidang Otomotif, Wakil Ketua Apindo, Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia dan sejumlah jabatan lain. Pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) dan Komisaris Bursa Efek Indonesia. Pria berkelahiran Jakarta 1 Agustus 1952 ini berhasil menyelesaikan Pendidikan Akuntansi di Universitas Trisakti.

Mubarakah
Anggota
Profil:

Lahir di Bengkulu pada tanggal 21 November 1959. Menempuh pendidikan sarjana di bidang Akuntansi Universitas Indonesia pada tahun 1985. Melanjutkan pendidikan di Illinois University – Business Administration, dan meraih gelar Master pada tahun 1996.

Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Departemen Keuangan Bank Indonesia, dan telah berkarir di Bank Indonesia sejak 1986. Bergabung pada Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK) IAI periode 2019-2023.

Sri Wahyuni Sujono
Anggota
Profil:

Sri Wahyuni Sujono memiliki lebih dari 26 tahun pengalaman pajak konsultasi/pengacara dengan Arthur Andersen, Ernst & Young Indonesia dan SF Consulting. Saat ini menjabat sebagai Managing Partner sejak tahun 2004. Merupakan Anggota DKSAK IAI perwakilan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) periode 2019-2023.

Pernah aktif sebagai Ketua Komite Tetap Perpajakan Kadin Indonesia, Anggota Dewan Pengawas IKPI, Komite Audit PT. Alam Sutera, Komite Perpajakan Crowe Horwath International Indonesia, Komite Audit Oceania Tax Consulting Assosciation (AOTCA), Rotary Club Indonesia, Board Member Entrepreneur Organization, Perhimpunan Advokat Indonesia.

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019