Undangan Public Hearing Exposure Draft

Sehubungan dengan disahkannya UU No. 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak pada tanggal 21 Juli 2016, Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) menerbitkan Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (ED PSAK) 70: Akuntansi atas Aset dan Liabilitas yang timbul dari Pengampunan Pajak. Penerbitan ED PSAK 70 merupakan bentuk dukungan DSAK IAI terhadap program Pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan.

Sebagai kelanjutan komitmen Indonesia atas konvergensi SAK ke IFRS Standards, DSAK IAI menerbitkan Exposure Draft sebagai berikut:

  1. Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan;
  2. Amandemen PSAK 2 Laporan Arus Kas tentang Prakarsa Pengungkapan;
  3. Amandemen PSAK 46 Pajak Penghasilan tentangPengakuan Aset Pajak Tangguhan untuk Rugi yang Belum Direalisasi; dan
  4. Penyesuaian Tahunan 2016.

Sebagai bagian dari due process penyusunan SAK serta untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari regulator, asosiasi, pelaku industri, masyarakat dan Kantor Akuntan Publik (KAP) atas penerbitan Exposure Draft tersebut, DSAK IAI mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dalam acara Public Hearing Exposure Draft yang akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal

Agenda

Waktu

Tempat

Senin, 22 Agustus 2016

ED Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan

13.30-14.15

Ruang Mawar, Balai Kartini

ED Amandemen PSAK 2:

Laporan Arus Kas tentang Prakarsa Pengungkapan

14.15-15.30

ED Amandemen PSAK 46:

Pajak Penghasilan tentang Pengakuan Aset Pajak Tangguhan untk Rugi yang Belum Direalisasi

ED Penyesuaian Tahunan 2016

ED PSAK 70: Akuntansi atas Aset dan Liabilitas yang timbul dari Pengampunan Pajak

16.00-17.30


DSAK IAI juga mengharapkan partisipasi publik untuk memberikan tanggapan secara tertulis atas seluruh ED di atas, yang disertai dengan dasar dan alasan yang mendukung, sebelum tanggal 23 September 2016. Namun, tanggapan secara tertulis khusus untuk ED PSAK 70 dapat disampaikan kepada DSAK IAI sebelum tanggal 26 Agustus 2016.


Informasi lebih lanjut mengenai berita pengesahan, materi, dan cara pendaftaran Public Hearing Exposure Draft ini dapat Bapak dan Ibu akses melalui laman berikut ini:

Registrasi Online Public Hearing IAI

Apabila Bapak dan Ibu memiliki pertanyaan atas undangan ini, silakan disampaikan kepada kami melalui email ke dsak@iaiglobal.or.id atau melalui telepon ke (021) 3190 4232 ext. 512/513 (Wiwied/Monika)

File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

Kornelia Endang Sugianingsih

  • 22 Agustus 2016 10:40:42
  • |
  • kornelia_es@yahoo.com;kornelia@daiprint.com

Hal. 10 ED PSAK 70 ttg Definisi Surat Keterangan Pengampunan Pajak (Surat Keterangan) Menurut saya kurang menegaskan bahwa Surat Pernyataan Harta yang dapat diterima sebagai Surat Keterangan dengan catatan mengacu pada UU No. 11 pasal 10 ayat (5) yaitu apabila telah diajukan paling lama 10 (sepuluh) hari kerja namun belum mendapat Surat Keterangan dari Menteri atau pejabat yang ditunjuk atas nama Menteri maka Surat Pernyataan dapat dianggap Sebagai Surat Keterangan.


Kornelia Endang Sugianingsih

  • 22 Agustus 2016 10:04:01
  • |
  • kornelia_es@yahoo.com;kornelia@daiprint.com

Hal. 5 ED PSAK 70 no. 2: Pengukuran saat Pengakuan Awal (par 06-09) Apakah tidak sebaiknya diserahkan kepada keputusan RUPS saja atas selisih antara aset dan liabilitas pengampunan pajakuntuk dicatat sebagai bagian dari tambahan modal disetor ataukah sebagai tambahan dari saldo laba. Jika PSAK mengatur dijadikan sebagai tambahan modal disetor, lantas bagaimana untuk perusahaan yang telah mengajukan Tax Amnesty dengan mencatat sebagai saldo laba. Alasan lain jika dicatat pada kompomen menambah modal disetor, bagaimana dengan notaris, apakah akan setuju menerbitkan akta perubahan jika tanpa terdapat penyetoran modal secara kas? Demikian tanggapan saya.


steviani

  • 20 Agustus 2016 22:10:37
  • |
  • steviani@gmail.com

Bagaimana mengenai perlakuan atas pajak yg seharusnya direstitusi namun akibat ikut tax amnesti lalu hak atas uang yg telah disetor hilang. Bagaimana pembukuannya?


Kausar Azima

  • 19 Agustus 2016 16:32:06
  • |
  • kautsarazima@gmail.com

PT Griya Cahaya Pratama


© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019