Siaran Pers IAI - Lantik Pengurus Wilayah NTT, IAI Siap Dukung Akuntabilitas Ekonomi


(Kupang, 29 Mei 2020) – Dewan Pengurus Nasional (DPN) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) hari ini melantik pengurus IAI Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) secara virtual. Pelantikan ini merupakan pelantikan virtual pertama yang diselenggarakan oleh IAI dalam kondisi pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.


Ketua DPN IAI, Prof. Mardiasmo mengatakan, pelantikan virtual ini berlangsung secara efisien dan efektif, namun tetap memenuhi substansi, sehingga ke depan IAI merencanakan untuk melanjutkan kegiatan berbasis teknologi ini.  Beliau mengharapkan, para pengurus terpilih ini dapat aktif dan menjadikan IAI semakin intensif dalam melaksanakan aktivitas keprofesian, pelayanan keanggotaan, pendidikan profesional berkelanjutan, dan program kerja lainnya yang telah dicanangkan oleh DPN IAI.

“Saya menghimbau agar IAI Wilayah NTT dapat meningkatkan aktivitas dan peran IAI Knowledge Center sebagai wadah yang dijadikan IAI untuk melakukan berbagai aktivitas pendidikan, pelatihan dan sertifikasi,” jelas Prof. Mardiasmo dalam arahannya kepada pengurus IAI Wilayah NTT. “Koordinasi pengurus IAI Wilayah NTT dengan DPN IAI serta Manajemen Eksekutif IAI Pusat perlu secara intens dilakukan, agar kegiatan yang dilaksanakan semakin harmonis, efektif, dan efisien,” imbuhnya.

Pelantikan pengurus wilayah NTT ini diikuti oleh Ketua DPN IAI dan sejumlah anggota DPN IAI, ketua dan pengurus IAI wilayah NTT, para ketua IAI Wilayah, undangan dan Direktur Eksekutif IAI. Pelantikan virtual ini juga diikuti oleh perwakilan Gubernur NTT, Walikota Kupang, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi NTT, Kepala OJK NTT, hingga Kepala Perwakilan BI NTT.


Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore yang juga merupakan anggota Dewan Penasihat IAI NTT dalam sambutannya menyambut baik pelantikan IAI Wilayah NTT, seraya mengharapkan dukungan optimal dari organisasi profesi ini bagi pengembangan ekonomi kota Kupang pada khususnya, dan provinsi NTT pada umumnya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa saat ini pemerintah kota Kupang dan Provinsi NTT tengah berjuang memerangi penyebaran Covid-19. Penanggulangan pandemi Covid-19 di wilayah ini melibatkan dana besar, yang berarti juga memiliki risiko yang besar. Karenanya ia meminta IAI memberi dukungan optimal untuk memastikan manajemen risiko dan akuntabilitas ideal dari aktivitas penanggulangan Covid-19 di kawasan NTT. Lebih jauh, ia mengharapkan kontribusi optimal IAI bagi pengembangan ekonomi NTT.

Ketua IAI Wilayah NTT, Iwan Agung Prasetyo menyatakan kesiapannya untuk membantu mengembangkan perekonomian kawasan Kupang dan NTT. Dalam laporannya, ia menyampaikan saat ini IAI Wilayah NTT memiliki 159 anggota yang terdiri dari 56 Anggota Utama, 52 Anggota Madya, dan 51 Anggota Muda. Iwan yang juga Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT itu menargetkan akan terjadi penambahan jumlah keanggotaan IAI di wilayah NTT sehingga kontribusi organisasi profesi ini bagi pertumbuhan ekonomi dapat dioptimalkan.

Tentang IAI

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) adalah organisasi profesi akuntan yang menaungi seluruh akuntan di Indonesia yang tersebar di 34 provinsi. IAI merupakan anggota dan pendiri International Federation of Accountants (IFAC) dan ASEAN Federation of Accountants (AFA), serta associate member Chartered Accountants Worldwide (CAW). 

Untuk menjaga integritas dan profesionalisme akuntan Indonesia, IAI menerbitkan Kode Etika Akuntan Indonesia. Sebagai standard setter, IAI menyusun dan menetapkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang IAI, kunjungi www.iaiglobal.or.id, atau email ke iai-info@iaiglobal.or.id. Terkait pandemi Covid-19, IAI telah mengeluarkan sejumlah guidance yang bisa diakses melalui http://iaiglobal.or.id/v03/home


File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2020