Siaran Pers - Grha IAI, Pusat Pengembangan Profesi Akuntan Masa Depan

Untuk merealisasikan Prakarsa 6.1 sebagai Program Umum IAI Periode 2018-2022, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengundang partisipasi anggota IAI dan stakeholders akuntan Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan pengadaan GRHA IAI. Grha IAI ini nantinya akan dioptimalkan sebagai pusat pengembangan profesi akuntan Indonesia, serta sebagai knowledge center yang akan menjadi ujung tombak untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas perekonomian nasional.

Sebagai langkah preventif atas makin besarnya lingkup aktivitas organisasi dewasa ini, selain kantor pusat IAI di Grha Akuntan, Jl. Sindanglaya No.1 Menteng, Jakarta Pusat, IAI berencana memiliki gedung baru di Jakarta yang akan digunakan sebagai pusat pengembangan profesi akuntan. Gedung ini akan dilengkapi dengan IAI Lounge yang dapat digunakan Anggota IAI dalam rangka pengembangan kompetensi dan membangun networking profesional. Grha IAI juga akan menjadi pusat pengembangan profesi akuntan masa depan dalam rangka memastikan kontribusi elemen profesi bagi pembangunan ekonomi bangsa.

Grha Akuntan saat ini sudah pada occupancy rate di atas 100%. Agenda rapat, kegiatan PPL, workshop, pelayanan keanggotaan, sosialisasi keprofesian, dan berbagai aktivitas lain yang diselenggarakan di gedung ini, sudah ditata sedemikian rupa sehingga penggunaan ruang bisa efisien dan efektif. Namun padatnya aktivitas seringkali menyebabkan rencana kegiatan yang sudah diagendakan, harus dipindah ke tempat lain karena keterbatasan ruang dan infrastruktur pendukung.

Di sisi lain, organisasi IAI terus tumbuh dan aktivitasnya akan semakin bertambah seiring waktu. Penataan profesi akuntan dan berbagai fungsi strategis yang diemban IAI dalam rangka memberikan daya dukung optimal untuk me-leverage pertumbuhan ekonomi Indonesia, membutuhkan dukungan infrastruktur yang optimal pula. IAI menaungi seluruh akuntan di Indonesia, yang tersebar di 34 provinsi. IAI melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya menyusun standar akuntansi keuangan dan standar profesi, melaksanakan ujian sertifikasi Chartered Accountants dan ujian sertifikasi lainnya, serta aktivitas keprofesian lainnya mengacu kepada International Federation of Accountants dan Chartered Accountants Worldwide

Berdasarkan PMK 216/PMK.01/2019 tentang Akuntan Beregister, IAI diberi tanggungjawab besar untuk melaksanakan tata kelola atas seluruh akuntan di Indonesia. IAI juga melaksanakan aktivitas terkait kompartemen untuk mengakomodir minat dan pembidangan anggota IAI, yang terdiri dari Akuntan Sektor Publik, Akuntan Pendidik, Akuntan Pajak, Akuntan Syariah, Akuntan KJA, Akuntan Publik, Akuntan Forensik, dan lainnya. Seluruh aktivitas IAI ini tidak lain dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme akuntan Indonesia dalam rangka meningkatkan kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

DPN IAI menyadari bahwa organisasi ini membutuhkan dukungan optimal dari semua pihak untuk menjalankan tanggungjawab dan amanah yang diberikan. Karena itu, IAI menginisiasi Program Penggalangan Dana untuk pengadaan Grha IAI, dalam rangka merealisasikan Prakarsa 6.1 sebagai Program Umum IAI Periode 2018-2022. IAI mengundang partisipasi anggota IAI dan stakeholders akuntan Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan pengadaan Grha IAI. 

Grha IAI ini nantinya akan dioptimalkan sebagai pusat pengembangan profesi akuntan Indonesia, serta sebagai knowledge center yang akan menjadi ujung tombak untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas perekonomian nasional. Dana yang terkumpul dari program ini dipublikasikan di website IAI dan diawasi oleh tim pengawas yang dibentuk DPN IAI. Dana itu juga akan dimuat sebagai dana terikat temporer yang akan dipertanggungjawabkan dan diaudit dalam laporan keuangan IAI. 

Para donatur dalam program Penggalangan Dana Grha IAI ini akan diabadikan dalam Prasasti Donatur Grha IAI, sehingga generasi penerus profesi ini mengerti akan sumbangsih yang telah diberikan dalam mengembangkan profesi akuntan Indonesia.

Statistik Kegiatan di IAI Pusat dan IAI Knowledge Center

Tahun

Kegiatan

Peserta

Anggota

Peserta

Non Anggota

Total

2015

348

2.106

4.759

6.865

2016

309

2.311

5.729

8.040

2017

336

2.131

6.003

8.134

2018

399

3.464

8.326

11.790

Total

1.392

10.012

24.637

34.649


Penutup

IAI mengundang Anggota IAI dan stakeholders akuntan Indonesia untuk ikut serta dalam Program Penggalangan Dana untuk Pengadaan Grha IAI. Formulir Dukungan Pendanaan Grha IAI dan Daftar Donatur dapat diunduh di link berikut:

Kami sangat berterima kasih jika formulir yang telah diisi dan konfirmasi transfer donasi Bapak/IBu dapat disampaikan kepada kami melalui email donasi.grhaiai@iaiglobal.or.id atau telepon 021-31904232 ext. 614

Daftar donatur Grha IAI akan kami update secara berkala dan dapat dilihat melalui link berikut.



File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

Gmail

  • 14 Maret 2020 02:04:22
  • |
  • congmmo1@gmail.com

We are selling gmails in bulk. All of the mail accounts we sell are created by hand and we change IP for each account, so they are more safely to use. We are also selling Google Voice,Edu mail,Hotmail,Outlook,Yahoo,Twitter,Others Email Account and Customize gmail/email and all email related work​... Click here for Order GMAIL : http://sellaccs.net New Gmail Accounts are also Available.Interested are PM me.Minimum Order 10 Accounts.Interested are pm me. Contact: Email: congmmo @gmail.com Telegram and SKYPE : congmmo Thank You! See more: selling gmail accounts, gmails, sell gmail bulk accounts, selling, bulk selling, bulk sell, created gmail, created account gmail, gmail bulk data, selling data, gmail created account, gmail created accounts, created gmail account, gmail account data entry, 100 accounts, data entry bulk, sell created gmail accounts, sell selling, selling selling, selling gmails


David THS

  • 22 Januari 2020 11:38:52
  • |
  • david.sihombing@kotaminyak.co.id

Dear AIA, Mhn info, apakah training yg diadakan AIA hanya bisa diikuti yg berlatar belakang pendidikan akuntansi ? Ataukah terbuka utk latar pendidikan lain juga ? Mhn pencerahannya Terimakasih


© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2020