Annual Report Award 2018 - Terobosan untuk Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan ARA 2018

Terobosan untuk Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan ARA 2018

Untuk meningkatkan kualitas informasi dan governance (tatakelola) entitas bisnis di Indonesia, Annual Report Award (ARA) 2018 kembali digelar dengan tema “Keakuratan Informasi untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan Dukungan Stakeholder”. Melalui tema ini perusahaan-perusahaan Indonesia diharapkan memiliki kualitas keterbukaan informasi yang baik agar mendapatkan dukungan optimal dari seluruh stakeholder dalam rangka memenangkan persaingan global.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) merupakan salah satu inisiator penyelenggaraan ARA, bersama Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, dan Bursa Efek Indonesia. Sejak diselenggarakan pertamakali pada tahun 2002, telah terjadi peningkatan kualitas informasi pada laporan keuangan secara berkelanjutan setiap tahun.

Terobosan ARA 2018

Pada tahun ini, penyelenggaraan ARA 2018 memiliki terobosan baru dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan dengan memakai sistem pakar (expert system) untuk penilaian laporan tahunan pada ARA 2018. Sistem ini selain untuk memberikan kecepatan proses penilaian, juga memberikan kesempatan pada peserta untuk mendapatkan umpan balik dari dokumen yang diserahkan secara cepat dan konsisten.

Salah satu  perubahan lain  dalam pelaksanaan ARA 2018 adalah perihal proses penilaian dan penyerahan laporan tahunan. Pada ARA 2018 perusahaan tidak lagi diminta menyerahkan hard copy laporan tahunan, namun cukup mengirimkan soft copy laporan tahunan per masing-masing bagian dari setiap aspek penilaian pada sistem informasi ARA 2018. Peserta juga diberikan kesempatan men-submit jika terdapat perubahan laporan pada sistem yang disediakan. Selanjutnya peserta akan memperoleh umpan balik kekurangan data yang di-submit secara online. 

Pada ARA 2018 panitia tetap melanjutkan penilaian tentang upaya perusahaan dalam melakukan komunikasi mengenai kebijakan dan prosedur anti korupsi, serta pelatihan mengenai anti korupsi, dan lain-lain. Terdapat penambahan kriteria untuk perkenalan, yakni pada aspek Tanggungjawab Sosial Perusahaan yang akan dipakai pada periode berikutnya, tetapi kriteria tambahan itu belum dijadikan sebagai penentu nilai pada saat ini. Bagi perusahaan yang telah memenuhi kriteria tambahan tersebut sebaiknya memasukkannya dalam submit laporan tahunan agar mendapatkan umpan balik guna penyempurnaan.

Terkait dengan metode penilaian, akan dibagi dalam beberapa aspek, yaitu Penilaian Umum, Penilaian Kuantitatif, dan Wawancara. Selanjutnya para pemenang ARA 2018 akan mendapatkan Sertifikat dari Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian BUMN (untuk semua pemengang BUMN), Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, dan Komite Nasional Kebijakan Governance. Pemenang juga mendapatkan pemotongan biaya pencatatan sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia, bebas biaya keanggotaan, pelatihan, sertifikasi, dan buku Standar Akuntansi Keuangan dari Ikatan Akuntan Indonesia.

Pendaftaran, proses administrasi, download aplikasi, dan informasi terkait ARA 2018, bisa dilihat melalui situs http://araward.id/panduan .






File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

Nurdizal M Rachman

  • 07 April 2019 06:29:52
  • |
  • nurdizal@gmail.com

Mungkin perlu dicantumkan link untuk pendaftaran Annual Report Award di https://araward.id


© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019